Selasa, 01 Juli 2014

Epigenetics

Secara singkat, Epigenetics adalah suatu studi tentang mekanisme membuat gen-gen tertentu aktif (“on”) dan tidak aktif (“off”). Apa artinya? Nah, jika Anda awam tentang semua ini, pertama kita perlu membahas sekilas tentang biokimia dan genetika:
  • Sel adalah satuan penyusun jaringan, jaringan membentuk organ dan organ membentuk makhluk hidup (termasuk manusia). Semua instruksi yang dibutuhkan untuk kerja jaringan dan organ kita ada  dalam asam deoksiribonukleat, juga dikenal sebagai DNA, yang terdapat dalam sel.
  • DNA manusia terdiri dari sekitar 3 miliar basa nukleotida. Ada empat jenis dasar basa menyusun DNAadenin, sitosin, guanin, dan timin, biasa disingkat A, C, G, dan T.
  • Urutan, atau sequence, dari basa-basa tersebut menentukan petunjuk hidup kita. Karena sel, jaringan dan organ kita bekerja berdasarka urutan-urutan ini.
  • Gen manusia  berjumlah lebih dari 20.000 yang terbentuk dari kombinasi urutan-urutan 3 miliar basa tersebut. Gen adalah urutan spesifik basa yang memberikan petunjuk tentang cara untuk membuat protein penting; yang merupakan Molekul kompleks yang memicu berbagai tindakan biologis untuk melaksanakan fungsi kehidupan.
protein
Sekarang mari kita bahas tentang epigenetics (Ekspresi Genetika):
  • Epigenetika mengontrol Gen. Keadaan tertentu dalam hidup dapat menyebabkan gen diaktifkan atau dinon-aktifkan dari waktu ke waktu. Keadaan, faktor lingkungan, nutrisi dapat merubah Ekspresi Genetika kita.
  • Epigenetika ada dalam semua aspek kehidupan kita. Apa yang Anda makan, di mana Anda tinggal, dengan siapa Anda berinteraksi, kapan Anda tidur, bagaimana Anda berolahraga, bahkan bagaimana Anda menua, dll. Semua ini dapat menyebabkan modifikasi kimiawi di sekitar gen yang akan mengubah gen-gen tersebut aktif atau non aktif. Penyakit tertentu seperti kanker atau Alzheimer, juga terjadi karena ekspresi gen berubah sedemikian rupa sehingga jauh dari keadaan normal / sehat.
  • Epigenetika membuat kita unik. Meskipun kita semua adalah manusia, mengapa sebagian dari kita memiliki rambut pirang atau kulit yang lebih gelap? Mengapa sebagian dari kita benci rasa sayuran? Mengapa sebagian dari kita lebih ramah daripada yang lain? Kombinasi yang berbeda dari gen yang diaktifkan atau dinonaktifkan adalah apa yang membuat kita masing-masing unik. Dan perubahan epigenetik bisa diwariskan.
  • Epigenetika dapat diubah. Dengan lebih dari 20.000  gen, apa yang akan menjadi hasil dari kombinasi yang berbeda dari gen yang diaktifkan atau dinonaktifkan? Kemungkinan permutasi sangat besar! Tetapi jika kita bisa memetakan setiap penyebab tunggal dan efek dari kombinasi yang berbeda, dan jika kita bisa membalikkan keadaan gen untuk menjaga yang baik dan menghilangkan yang buruk … maka kita secara teoritis bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti: kanker, diabetes, autis, dll bahkan kita dapat memperlambat penuaan, menghilangkan obesitas, dan banyak hal lainnya lagi.
epigenetics
Berikut adalah analogi lebih lanjut yang dapat membantu Anda untuk memahami epigenetika. Pikirkan rentang kehidupan manusia sebagai film yang sangat panjang. Sel-sel akan menjadi aktor dan aktrisnya, unit penting yang membentuk film. DNA, pada gilirannya, akan menjadi script – instruksi untuk semua pemain film untuk melakukan peran mereka. Selanjutnya, urutan DNA akan menjadi kata-kata di script, dan blok tertentu dari kata-kata; yang menginstruksikan tindakan dan peristiwa yang berlangsung akan menjadi Gen. Konsep genetika akan seperti naskah.
Konsep epigenetika, akan seperti pengarahan dari seorang sutradara. Script bisa sama, namun sutradara dapat memilih untuk menghilangkan adegan atau dialog tertentu, mengubah film untuk lebih baik atau lebih buruk. Dengan analogi ini, produk sebuah film arahan Steven Spielberg akan sangat berbeda dengan arahan Woody Allen untuk naskah film yang sama !

Dengan kata lain, bagaimana kesehatan dan penampilan Anda di masa yang akan datang dapat Anda tentukan tidak peduli bagimana Genetika (keturunan) Anda. Jika Anda memiliki orangtua yang menderita penyakit tertentu seperti kanker atau apapun itu, Anda tidak harus mengidap penyakit tersebut suatu hari. Atau jika Anda terlahir dalam keluarga yang punya masalah obesitas, Anda bisa memilih untuk menjadi langsing, tentunya dengan merubah Ekspresi Genetika Anda.
Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana merubah Ekspresi Genetika sehingga kita memilki kehidupan yang jauh lebih baik ? Bagaimana caranya merubah Ekspresi Genetika sehingga kita dapat menjadi langsing secara permanen tanpa diet dan olahraga yang menyiksa ?
fat vs slim
Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat, silahkan tetap terus membaca artikel-artikel berikut dan bagikan informasi ini kepada orang-orang yang Anda sayangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar